0
Sistem Informasi Pemasaran
Posted by Unknown
on
04.49
Pengertian
Sistem Informasi yaitu komponen-komponen yang saling berkaitan yang bekerjasama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan dan sebagai dasar
pengambilan keputusan bagi yang
orang yang menerimanya.
Pengertian Pemasaran
Philip Kotler (Marketing)
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Fungsi Sistem Informasi Pemasaran
Fungsi SIP adalah untuk menilai, mengembangkan kebutuhan
informasi dan mendistribusikan informasi tersebut secara tepat waktu kepada manajer pemasaran
di dalam sebuah perusahaan untuk memesarkan produk-produk perusahaan tersebut.
Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran
1.
Subsistem riset pemasaran, merupakan sistem yg
berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan
calon pelanggan.
2.
Subsistem informasi pemasaran, merupakan
subsistem yg berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis terhadap
pelanggan dan pesaing.
3.
Subsistem pemrosesan transaksi, merupakan
subsistem berupa sistem informasi akuntansi.
4.
Subsistem produk, berguna untuk membuat
rencana produk baru.
5.
Subsistem tempat, berguna untuk
pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai dg pelemparan produk
yg dihasilkan.
6.
Subsistem promosi, berfungsi untuk
melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
7.
Subsistem harga, berfungsi untuk
membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
8.
Subsistem peramalan penjualan, untuk
melakukan peramalan penjualan.
Komponen Sistem Informasi Pemasaran
Komponen Input Pemasaran
Sistem informasi pemasaran mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi
pemasaran perusahaan. Subsistem
intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang
berkaitan dengan
operasi pemasaran.
operasi pemasaran.
Komponen Model Pemasaran
Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai
dengan kebutuhan pemakai sistemnya.
Komponen Output Pemasaran
Tiap Subsistem out put menyediakan informasi tentang Subsistem itu
sebagai bagian dari bauran
Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan langsung.
Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan langsung.
Komponen Basis Data Pemasaran
Data yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base.
Beberapa data dalam data base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak
yang berbagi dengan area fungsional lain.
Contoh dari SIP
Perusahaan “PT. Pro Roll International” merupakan perusahaan yang
bergerak dalam bidang penjualan pelumas.
Dan sistem informasi pemasaran masih dilakukan secara manual sehingga
kinerjanya belum efektif.
Oleh karena itu, perusahaan “PT. Pro Roll International” bermaksud mengkomputerisasikan sistem bagian penjualan
untuk memaksimalkan kinerjanya.
Diharapkan setelah sistem informasi penjualan dikomputerisasi, maka
pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan data transaksi dapat dilakukan secara
akurat dan cepat .
Contohnya dengan cara buat program yang memudahkan dalam mempromosikan
serta berinteraksi dengan pembeli (website).
Posting Komentar