1

Interaksi Manusia dangan Komputer

Posted by Unknown on 12.40


Pengenalan IMK

    Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dariantarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.

Definisi IMK

  • Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
  • Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

Aplikasi IMK

  •  Perkantoran
  •  Kendali proses
  •   Penerbangan
  •   Komunikasi
  •   Desain pekerjaan
  •   Pelatihan/seleksi dll

















Human computer interface
    Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
   Tujuan:
User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula WYSIWYG (what you see is what you get) Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi kerja. 
    Permasalahan yang muncul: 
Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna. Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi.  Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan. Para pengguna berbeda dari sebelumnya, Para pengguna berbeda satu dengan lainnya, Para pengguna berbeda dari kita.
 
Kriteria user friendly

  •   Memiliki tampilan yang bagus
  •   Mudah dioperasikan
  •   Mudah dipelajari
  •   Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut

Kebutuhan perancangan yank berbeda

  • Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.

  • Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.

  • Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya

  • Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin bekerja

Kesalahan mendasar progremer

  •   Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang

  •   Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang

  •   Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah

  •   Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan

  •   Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data

Bagaimana membuat system HCI yang baik















Media IMK
·         Sebuah program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu:

  • Bagian Antarmuka  media antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi dua yaitu :
    •   Media tekstual
    •  Media GUI (Graphical User Interface)
  • ·        Bagian Aplikasi
                                  Aspek Humaniora  adalah salah satu aspek dalam IMK yang harus dipertimbangkan

Fakta otak
Otak (yang bertanggung jawab dalam semua studi psikologi) memiliki dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan yang masing-masing memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda.
Mekanisme Memori
 Short Term Memory (STM) Fase yang dapat menyimpan informasi antara 7±2 chunk informasi. Long Term Memory (LTM) Fase yang dapat menyimpan informasi selama-lamanya Rancangan IMK dapat sukses jika memperhitungkan kedua bagian dari otak ini.
Ada tiga subsistem interaksi
  • Sistem Persepsi
  • Sistem Kognitif
  •  Sistem Gerak
Alat Indera :
Pendengaran (telinga)
Batas pendengaran manusia : 20 Hertz – 20.000 Hertz. Kita memiliki 16000 sel rambut di dalam telinga bagian dalam dan kita kehilangan 40% pada waktu mencapai usia 65 th.
Sentuhan (kulit)
Luas kulit kita kira-kira 2 m2 dan merupakan organ paling besar dalam badan kita. Kulit mempunyai 200.000 reseptor untuk dingin, 500.000 untuk peraba, dan 2.800.000 untuk rasa sakit.  Batasan kulit manusia : 10oC – 45Oc
Penglihatan (mata)
Otak besar untuk penglihatan, dengan luas sekitar 30% dari otak besar, berada di bagian belakang dari kepala. Itulah sebabnya orang yang bagian otak tertentunya mengalami kerusakan mungkin kehilangan beberapa aspek dari kemampuan mereka memproses bayangan.
Pembauan (hidung)
Mengenali bau
Pengecapan (lidah)
Merasakan sesuatu.

1 Comments


JackpotCity Casino Hotel & Spa Map & Floor Plans - Mapyro
Property LocationWith a stay at JackpotCity 충주 출장마사지 Casino 밀양 출장마사지 Hotel & Spa 밀양 출장샵 in Atlantic 제주 출장안마 City (New Jersey), youll be steps from Harrah's Atlantic City 계룡 출장샵 Casino & Hotel, a

Posting Komentar

Copyright © 2013 Materi Kuliah All rights reserved. Theme by Ali Imron. | Facebook by Ali Imron.