1
Interaksi Manusia dangan Komputer
Posted by Unknown
on
12.40
Pengenalan
IMK
Pada tahun 1970 mulai dikenal
istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan
istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi
peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan
aspek fisik dariantarmuka
pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah
human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an
sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi
ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara
fisik.
Definisi IMK
- Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
- Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.
Aplikasi IMK
- Perkantoran
- Kendali proses
- Penerbangan
- Komunikasi
- Desain pekerjaan
- Pelatihan/seleksi dll
Human computer interface
Istilah lain: man-machine
interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine
interaction (HMI)
Tujuan:
User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh
software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai
sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam
mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula WYSIWYG (what you see is
what you get) Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan
pada pengguna Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan
tingkat absensi kerja. Permasalahan yang muncul:
Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna. Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi. Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan. Para pengguna berbeda dari sebelumnya, Para pengguna berbeda satu dengan lainnya, Para pengguna berbeda dari kita.
Kriteria user friendly
- Memiliki tampilan yang bagus
- Mudah dioperasikan
- Mudah dipelajari
- Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut
Kebutuhan perancangan yank berbeda
- Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
- Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.
- Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya
- Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin bekerja
Kesalahan mendasar progremer
- Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
- Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
- Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
- Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
- Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data
Bagaimana membuat system HCI yang
baik
Media IMK
·
Sebuah
program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu:
- Bagian
Antarmuka media
antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi dua yaitu :
- Media tekstual
- Media GUI (Graphical User Interface)
- · Bagian Aplikasi
Aspek
Humaniora adalah salah satu aspek dalam
IMK yang harus dipertimbangkan
Fakta otak
Otak (yang bertanggung jawab dalam semua studi psikologi)
memiliki dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan yang masing-masing memiliki
kekuatan dan fungsi yang berbeda.
Mekanisme Memori
Short Term Memory (STM) Fase yang dapat
menyimpan informasi antara 7±2 chunk informasi. Long Term Memory (LTM) Fase yang dapat menyimpan informasi
selama-lamanya Rancangan
IMK dapat sukses jika memperhitungkan kedua bagian dari otak ini.
Ada tiga subsistem interaksi
- Sistem Persepsi
- Sistem Kognitif
- Sistem Gerak
Alat Indera
:
Pendengaran (telinga)
Batas
pendengaran manusia : 20 Hertz – 20.000 Hertz. Kita memiliki 16000 sel rambut
di dalam telinga bagian dalam dan kita kehilangan 40% pada waktu mencapai usia
65 th.
Sentuhan (kulit)
Luas kulit
kita kira-kira 2 m2 dan merupakan organ paling besar dalam badan kita. Kulit
mempunyai 200.000 reseptor untuk dingin, 500.000 untuk peraba, dan 2.800.000
untuk rasa sakit. Batasan kulit manusia
: 10oC – 45Oc
Penglihatan (mata)
Otak besar
untuk penglihatan, dengan luas sekitar 30% dari otak besar, berada di bagian
belakang dari kepala. Itulah sebabnya orang yang bagian otak tertentunya
mengalami kerusakan mungkin kehilangan beberapa aspek dari kemampuan mereka
memproses bayangan.
Pembauan (hidung)
Mengenali bau
Pengecapan (lidah)
Merasakan sesuatu.